Minggu, 27 Mei 2012

Gua Gong



Perjalanan ke gua gong dari pantai klayar tdk terlalu jauh . pacitan terkenal dgn julukan kota 1001 gua. Ada banyak sekali gua-gua di pacitan tetapi yg paling terkenal adalah gua Gong.kenapa bisa dinamakan gong menurut guide yg membawa saya ke dalam perut bumi ini, karena sewaktu gua gong ini dibuka terdengar bunyi gong dan setelah itu bunyi tersebut hilang dgn sendirinya, tetapi ada banyak sekali stalaktit or stalakmit yg jika dipukul akan memperdengarkan bunyi Gong.

Biaya retribusi ke gua gong hanya Rp 2500 utk dewasa. Murah dan gak perlu antri. Dari mulut goa ke bawah kira-kira 300 meter. Gua gong adalah gua yg sdh bisa dimasukin siapa saja karena ada tangga dan penerangan yg cukup walau di mulut goa kita bakalan ditawarin sewa senter Rp 2000.

Ada 7 ruangan di dalam gua gong. Ruangan pertama adalah ruangan bidadari, didalamnya ada ruangan seperti kamar mandi alam. Saya males liat Karena gelap trus males nyelip-nyelip di balik stalaktit atau stalakmit yg runcing-runcing. Dari pintu masuk sudah diberi pemandangan yg menakjubkan. Stalaktit dan stalagmite yg masih tumbuh subur dan akan trus tumbuh. Banyak jg sih stalaktit or stalakmit yg sudah mati sehingga bentuknya tdk bagus lagi.

Guide saya trus menerangkan asal mula stalaktit or stalakmit , tetapi saya kurang konsen karena ruangan yg gelap, sempit dan trus-terang saya merasa tdk nyaman berada di perut bumi dgn macam-macam orang yg juga keluar masuk kedalam goa. Belon lagi efek-efek warna lampu yg membuat bayangan-bayangan mencengkam. Kebanyakan stalakmit or stalaktit itu warnanya mengalami kerusakan akibat dari sinar lampu atau karena dipegang-pegang orang. Namanya jadi batu daki karena warna putihnya berubah menjadi hitam sangking seringnya dipegang orang hehe.

Semakin jauh ke bawah perut bumi kita akan menemukan beberapa sendang, sumber air yg jernih. Dulunya sih dipake penemu gua utk minum atau mandi ketika dia bersemedi di gua tetapi skr tdk dipergunakan lagi hanya dibiarkan begitu saja. Biasanya pengunjung sering mempergunakannya utk cuci tangan, kaki or muka. Saya sih gak rekomendasiin karena airnya walo kelihatannya jernih tetapi agak-agak hitam.

Didalam gua ada juga batu Kristal. Mirip batu marmer tetapi jika diperhatikan or disorot dgn senter maka warnanya seperti dipenuhi biji-biji permata. Bersinar-sinar cantik. Lalu ada batu otak-otak karena bentuknya seperti otak manusia, agak menjijikkan kalau mereka bergerombol banyak, berwarna sedikit kuning otak dan licin. Lalu ada juga batu onyx yg jika disenterin maka cahaya akan tembus ke sisi sebaliknya.


Sumber http://nyonyasepatu.multiply.com/journal/item/256

Tidak ada komentar:

Posting Komentar